01 April 2008

Blogger = Hacker ???

Gambar di atas adalah sebuah intermezzo yang dipajang di Detik.Com. Udah telat sih, tiga hari yang lalu. Kedengarannya memang sepele, tapi kuperhatikan ada sesuatu yang kurang pas.
Berawal dari cari-cari info tentang om Roy Suryo, eh malah ga sengaja baca link intermezzo berjudul "Persamaan Keblinger Dunia TI". Uduh, bikin gatel jari aja buat ngeklik itu link. Dan pas selesai loading, eh ternyata nongol gambar di atas itu tuh.


Dalam intermezzo itu terkandung kesimpulan:
>>>SMS berhadiah sama seperti babi, karena keduanya bersifat haram.
>>>Game sama seperti rokok, gak dijelasin sih, tapi mungkin karena keduanya memiliki kesamaan efek "candu".
>>>BLOGGER = HACKER, nah yang ini nih, kagak jelas. kenapa bisa disimpulkan seperti itu?

Untuk point yang ketiga ini, benar-benar pertanyaan dengan tanda tanya besar. Apakah mungkin pernyataan ke-3 itu diambil dari kata-kata lontaran om Roy Suryo tentang Blogger-Hacker yang divonis sebagai biang penjebolan depkominfo? Ataukah lantaran keduanya (blogger & hacker) adalah pelaku dunia maya? Atau... mungkinkah si pembuat intermezzo lagi ngelindur???

Jika ditinjau dari definisinya, kata blogger dan hacker itu sendiri jelas berbeda. Dan tidak ada keterkaitan di dalamnya, kecuali bahwa memang keduanya menggunakan media "internet" sebagai pelaksanaan aksinya.

Blogger:
adalah orang yang mengelola sbuah blog (=web).

Hacker :
adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.

Tanpa perlu berpanjang lebar mencari definisi spesifiknya, pastilah anda tau apa itu blogger dan apa itu hacker. Jelas.. Orang dengan profesi apapun bisa menjadi blogger. Tapi tidak semua orang bisa menjadi hacker. Bahkan dibutuhkan keahlian khusus untuk menjadi seorang hacker.

Hmm, sudahlah. Sekedar tulisan pengingat saja. Semoga kita lebih belajar lagi ber- "konklusi". Karena kalau salah, wah bisa-bisa anda diserbu oleh hasil konklusi itu sendiri. Hehe, tau kan maksudnya...?
Waduh, kok ikut-ikutan jadi korban mode yak. Eh salah, korban nge-blog maksudnya. hehe. Ya maap, tapi saya kan bukan blogger yg rajin ngeblog. Dan bukan juga hacker. Aduh, bukan bangetttt.. Jadi ngetik postingan ini pun lumayan, buat ngisi-ngisi blog. hehe


6 comments:

Anonymous said...

'heboh' bener nih Roy Sukro

Anonymous said...

weduh dah ada adsense oy... hihihi.. mantep dah...

*gak fokus dari artikel*

Anonymous said...

Wahhh....
Setau aku nih ya....
Sekali lagi setau aku..
Hacker adalah orang-orang yang bekerja dengan tujuan untuk mencari kelemahan suatu system atau software. So, demikian sehingga hasil kerjanya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan system atau software tersebut. So, hacker itu sangat berjasa dalam perkembangan dunia informasi. aku membangun suatu system jaringan disini, dan aku sungguh-sungguh melakukan aktifitas hacking dari luar untuk mengetahui dimana kira-kira kelemahan system-ku. Kalau aku kira-kira ga mampu, aku minta orang lain untuk me-hack system itu.

Cracker adalah orang-orang yang bekerja dengan tujuan untuk mencari kelemahan suatu system atau software dan kemudian kelemahan yang ditemukan itu dimanfaatkan demi kepentingan pribadi misalnya merusak, memodifikasi, menduplikasi, meniru, yang mana tindakan ini cenderung merugikan orang/lembaga yang berkompeten terhadap system atau software tersebut.

Nahhh aku jadi agak bertanya nih...
Apakah Mr. Roy Suryo itu mengartikan hacker dengan sebenarnya? Kalau iya, wahhh berarti para blogger berjasa dunk. Karena para blogger telah bekerja dan bekerja sama untuk mencari sautu kelemahan dan kemudian membantu untuk menutupi kelemahan tersebut.
Akan tetapi dari gambar itu, kayaknya Mr. Roy Suryo GAGAL memahami apa sebenarnya arti hacker itu.
Kasihan.. hihihihihihi...

Anonymous said...

yep, setuju ma pendapat solu.
lagian, yang aku tau, dan pernah baca di sebuah forum, istilah hacker itu ditujukan untuk khalayak yang bertujuan "positif", sedangkan untuk mereka-mereka yang bertujuan negatif alias merusak, ada sebutan khusus yaitu "cracker".
So, klo Roy mau menyalahkan sebuah pihak atas terjadinya deface terhadap site depkominfo, mengapa dia harus menuding HACKER?? knapa dia tidak bilang "itu ulah blogger dan Cracker !!!"
Hayooo... musti belajar ngapalin kosakata dulu kali yah:D

Anonymous said...

aku juga setuju ama solu. karena menag beda banget antara blogger, hacker, apalagi dengan cracker. sepertinya mas roy juga harus hati-hati kalo ngomong. Ayo kita dukung kampanye BLOGGER BUKAN HACKER.

pudi-interisti said...

Hahaha...para blogger sedang aksi bela diri nih. Betul kalau blogger bukan hacker, lho wong saya aja gaptek gimana mau jadi hacker?

Post a Comment